Peringatan Hari Bumi di SD Strada Nawar diisi dengan kegiatan menanam pohon dan membersihkan lingkungan sekitar sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 22 April 2024 bertepatan dengan rangkaian kegiatan dalam rangka menyongsong HUT Strada 100 tahun. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 633 peserta yang terdiri dari siswa/siswi kelas 1 sampai 5 (595 siswa/siswi), guru / karyawan (30 orang), OB (5 orang), dan Satpam (3 orang).

SD Strada Nawar bekerjasama dengan RT setempat dengan mengirimkan surat perizinan ke RT 01 RW 08 dan RT 04 RW 02 yang berada di sekitar sekolah. SD Strada Nawar juga bekerja sama dengan pihak UPTD LH terdekat. Langkah selanjutnya juga mengirimkan surat kepada UPTD LH untuk koordinasi truk sampah yang akan digunakan. SD Strada Nawar menentukan kepanitiaan dalam seksi acara, koordinator lapangan, tim penimbang, dokumentasi dan tim IT.

Sebelum tanggal 22 April 2024, siswa/siswi dan guru beserta karyawan membuat promosi melalui sosial media masing-masing. Tidak lupa menyertakan foto twibbon Hari Bumi yang diupload ke media sosial masing-masing.

Pada saat kegiatan tersebut Kompleks Strada Nawar didampingi oleh perwakilan dari Strada Cabang Bekasi, yaitu Ibu Yuliana Supriyati.

Kegiatan diawali dengan upacara ceremonial di lapangan bersama dengan siswa/siswi , guru/karyawan TK,  SD, SMP pada pukul 07.15 sampai 07.45 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Doa pembuka dipimpin oleh Ibu Widi
  2. Menyanyikan lagu ⁠Indonesia Raya
  3. ⁠Menyanyikan lagu Mars Strada
  4. ⁠Sambutan Cabang oleh Ibu Yuliana Supriyati
  5. ⁠Pengarahan oleh Ibu Mili
  6. ⁠Pembuatan foto dan video bersama oleh seluruh peserta komplek Strada Nawar
  7. ⁠Siswa/i TK, SMP dan SD diarahkan menuju lokasi masing-masing sesuai pembagian tugas

Sebelum menuju pos masing-masing untuk membersihkan lingkungan, anak-anak menyiapkan sarung tangan, karung goni atau karung bekas beras, trash bag, alat kebersihan, dan menggunakan masker. Dresscode anak-anak pada kegiatan tersebut adalah pakaian olahraga.

Kegiatan membersihkan lingkungan untuk SD Strada Nawar dibagi menjadi 5 area. Area pertama untuk kelas 1, berada di dalam lapangan sekolah. Area kedua berada di area lorong belakang untuk kelas 2. Kelas 3 membersihkan area halaman parkir depan. Kelas 4 membersihkan area belakang kantin dan halaman parkir depan. Area terakhir berada di luar gedung sekolah, mulai dari samping masjid kemudian sampai gang terakhir sebelum Resto Tsamara untuk kelas 5.

Sampah yang sudah dipungut akan ditimbang. Sebelum melakukan penimbangan, sampah dipilah terlebih dahulu sesuai dengan jenisnya. Ada 4 jenis pemilahan sampah, yaitu organik, botol plastik, residu dan B3. Sampah ditimbang menggunakan neraca gantung dan dicatat di lembar pencatatan oleh beberapa peserta yang bertugas.

Kegiatan penanaman bibit pohon terbagi menjadi tiga bagian, lokasi pertama di area RT 01, lokasi kedua di area RT 04 dan lokasi ketiga di lingkungan sekolah. Jenis bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon mangga, kelengkeng dan srikaya. Penanaman diikuti oleh perwakilan siswa SD dengan Kepala Sekolah dan Ibu Fransisca Rany Perwitasari selaku wakasek kesiswaan.

Setelah acara bersih lingkungan dan penanaman bibit pohon berakhir, anak-anak mencuci tangan dan membersihkan diri sebelum masuk ke kelas. Selanjutnya kegiatan istirahat, anak-anak makan bekal dan minum yang dibawanya dari rumah di dalam kelas masing-masing.

Kegiatan berakhir dan jam kepulangan tiap jenjang berbeda, kelas 1, 2 dan 3 pulang pukul 10.00. Kelas 4 dan 5 pulang pukul 11.35. Sedangkan untuk kelas 6, pulang pukul 12.00.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberi pengalaman yang menarik kepada seluruh warga sekolah SD Strada Nawar. Sehingga memberi dampak positif yang dapat membuka wawasan tentang cara merawat lingkungan hidup dengan baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat hingga masa yang akan datang.

Sebarkan artikel ini