Hari Kartini diperingati untuk mengenang sosok pahlawan nasional wanita yang berasal dari Jepara, dan dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita. Kartini adalah salah satu sosok pahlawan yang membawa banyak perubahan dan kebaikan, khususnya bagi perempuan Indonesia agar dapat memperoleh pendidikan setara dengan laki-laki.

             

Perayaan Kartini kali ini dirayakan dengan nuansa yang berbeda. Kegiatan diawali dengan upacara perayaan Hari Kartini dengan para ibu guru yang menjadi petugas upacara. Acara menjadi lebih istimewa lagi karena para guru, karyawan, dan siswa memakai pakaian daerah-daerah di Indonesia. Siswa – siswi diajak untuk lebih meneladani semangat Kartini dan menunjukkan aktualisasi diri melalui parade pakaian daerah dari setiap kelas dan lomba fashion show. Para siswa didampingi wali kelasnya berjalan mengelilingi lapangan dengan penuh percaya diri. Parade pakaian daerah dilanjutkan dengan lomba fashion show yang diwakili sepasang siswa-siswi dari tiap kelas. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba di kelas masing – masing. Kelas 1 – 3 lomba mewarnai gambar RA.Kartini, sedangkan kelas 4 – 5 lomba mengarang dan menghias puisi dengan tema yang sama. Pada saat yang sama siswa kelas 6 sedang menjalani UAS tetapi semangat Kartini tetap membara di hati mereka, maka setelah UAS mereka juga mengkuti lomba fashion show antar pararel.

   

Serangkaian acara Perayaan Kartini diharapkan bukan sekedar menjadi moment tahunan namun benar-benar dapat berkesan bagi siswa-siswi sekolah kami agar dapat lebih menghargai jasa para pahlawan khususnya para pahlawan wanita sehingga dapat lebih berjuang dalam mencapai cita-cita seperti RA Kartini.

“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.” R.A Kartini

Sebarkan artikel ini